Data, informasi, pengetahuan, dan kearifan

Di dalam manajemen pengetahuan dikenal konsep DIKW yang membedakan makna istilah data (D), informasi (I, information), pengetahuan (K, knowledge), dan kearifan (W, wisdom). Data adalah fakta atau simbol dalam bentuk yang paling dasar. Informasi adalah data yang telah diproses atau dihubungkan untuk menyampaikan suatu makna. Pengetahuan adalah kumpulan informasi dalam suatu bidang yang telah dipahami, biasanya melalui pendidikan atau pengalaman. Kearifan adalah pengetahuan mendalam yang diterapkan.

Proses perubahan antara keempat unsur ini didapat melalui proses pemahaman. Data menjadi informasi melalui pemahaman relasi. Informasi menjadi pengetahuan melalui pemahaman pola. Pengetahuan menjadi kearifan melalui pemahaman prinsip.

Perbedaan DIKW dapat kita lihat pada contoh berikut:

  • Data: Hujan turun
  • Informasi: Suhu turun, lalu hujan turun
  • Pengetahuan: Bila kelembapan tinggi dan penurunan suhu cukup tinggi, awan tidak dapat menahan uap air sehingga hujan turun
  • Kearifan: Hujan turun karena interaksi rumit antara evaporasi, arus angin, gradien temperatur, dan berbagai proses lain

Berikut beberapa tautan dan visualisasi menarik mengenai konsep DIKW:

Sebagai perusahaan yang memberikan jasa konsultasi, konsep DIKW ini perlu kita pahami dengan baik. Data dan informasi yang kita peroleh dari klien perlu kita olah menjadi pengetahuan yang memberikan manfaat bagi klien. Kumpulan pengetahuan yang kita hasilkan pada akhirnya dapat digunakan untuk menggapai “kearifan”. Hai, Arief!

Tinggalkan Balasan