Dengan senang hati

Saya kadang bingung kala menanggapi ungkapan “terima kasih“. Biasanya saya menanggapi dengan “sama-sama”. Tanggapan itu pula yang biasa saya terima dari orang lain sebagai balasan ucapan terima kasih saya. Dalam ragam informal, saya pikir tanggapan semacam ini tidak masalah. Yang membuat saya bingung adalah bagaimana menanggapi ungkapan “terima kasih” dalam ragam yang lebih formal serta apakah “sama-sama” ini dapat diberikan dalam semua konteks.

KBBI mencantumkan entri “sama-sama” sebagai adverbia dengan makna “kedua belah pihak tidak berbeda atau tidak berlainan; semuanya”. Nah, saya merasa makna ini tidak cocok sebagai tanggapan “terima kasih”. Apa yang tidak berbeda? Apa yang semuanya?

Tanggapan lain yang juga sering didengar adalah “terima kasih kembali”. Saya pun kadang merasa janggal dengan balasan ini karena terkesan tidak menerima “kasih” yang diberikan orang. Sudah diberi, kok malah dikembalikan? Tanggapan “kembali kasih” pun setali tiga uang dan bahkan kadang sungkan untuk saya ucapkan karena terkesan terlalu mesra.

Ungkapan balasan yang cukup pas di hati saya, tapi jarang saya ucapkan atau dengar, adalah “dengan senang hati”. Balasan ini cocok maknanya dan tidak terkesan menolak pemberikan “kasih” seseorang. Balasan ini pun dapat mencerminkan bahwa sang terterima kasih tidak berkeberatan memberikan pertolongannya. Namun, apa pun ungkapannya, tentu saja tanggapan terhadap “terima kasih” harus diberikan dengan diiringi senyuman dan ketulusan :)

Punya ungkapan lain yang biasa dipakai untuk membalas “terima kasih”?

Tinggalkan Balasan