Diskusi terbatas Creative Commons Indonesia

Pada hari Sabtu, 7 Juli 2012 kemarin, Creative Commons Indonesia (CCID) menyelenggarakan diskusi terbatas lisensi Creative Commons (CC) bahasa Indonesia di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia, Depok. Diskusi ini terutama bertujuan untuk mendapatkan masukan tentang draf lisensi CC yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia agar dapat lebih dipahami oleh masyarakat. Alhamdulillah, acara yang berlangsung antara pukul 9.00 hingga 15.00 ini berjalan lancar dan menghasilkan banyak masukan yang berharga bagi kami.

Lisensi CC adalah suatu bentuk surat perjanjian lisensi sesuai dengan pasal 45 UU 19/2002 tentang hak cipta Indonesia. Lisensi ini merupakan jembatan antara hak cipta tradisional (copyright) dengan kebebasan yang dibawa oleh gerakan copyleft dan konsep domain publik. Dengan kombinasi hak dasarnya, lisensi CC memberikan pilihan kepada pencipta untuk melepas (atau mempertahankan) beberapa hak atas ciptaannya (some rights reserved). Informasi lebih lengkap tentang lisensi CC dalam bentuk tanya jawab dapat dibaca di situs CCID.

Sebagai Wikipediawan, saya berkepentingan dengan adaptasi CC karena Wikipedia dan proyek-proyek lain Wikimedia mengubah lisensinya menjadi CC BY-SA per tanggal 15 Juni 2009. Saya merasa mendapat durian runtuh saat bertemu dengan Ari Juliano pada Pesta Blogger 2008. Sebagai ahli hukum yang menaruh perhatian terhadap hak kekayaan intelektual, Ari sangat tertarik dengan konsep Creative Commons yang menawarkan kompromi antara pelindungan pencipta dengan kebebasan pengguna. Sejak pertemuan itu, saya dan Bang Ajo telah sepakat untuk mengupayakan adaptasi lisensi CC ke dalam bahasa dan ranah hukum Indonesia agar dapat lebih dipahami oleh para pencipta Indonesia.

Kesibukan kami berdua membuat upaya adaptasi lisensi CC ini tidak berjalan lancar. Pada tahun 2011, berkat dorongan persisten dari Siska Doviana, Direktur Eksekutif Wikimedia Indonesia, prakarsa CCID berhasil mendapat hibah dari Ford Foundation. Kami pun mendapat tambahan tenaga dari Nita Sudarto untuk melaksanakan proyek CCID yang juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hak cipta di kalangan pengguna internet Indonesia ini.

Pelaksanaan diskusi kemarin hanyalah awal dari perjalanan panjang untuk membebaskan pengetahuan sekaligus menghargai para pencipta. Bismillah.

Sumber gambar: Wikimedia Indonesia

Tinggalkan Balasan