iKnow

iKnow adalah salah satu bentuk prakarsa manajemen pengetahuan di lingkungan APB Group. Prakarsa ini mulai dijalankan pada tanggal 2 Juli 2012 dan diterapkan dengan bentuk pengiriman surel harian berisi ringkasan pengetahuan yang diperoleh seorang individu pada hari itu dalam suatu topik tertentu.

Prakarsa ini ditujukan untuk mendokumentasikan pengetahuan kolektif perusahaan. Bagi para penulis, kegiatan ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan menulis dan menstrukturkan pengetahuan yang dimiliki. Bagi orang lain dan perusahaan, kegiatan ini berfaedah untuk memperkaya pengetahuan kolektif dan mengurangi pengulangan kegiatan pencarian informasi yang sudah pernah dilakukan orang lain.

Setelah satu bulan dijalankan, kami melakukan tinjauan terhadap pelaksanaan prakarsa ini. Hasil tinjauan menyimpulkan bahwa target satu tulisan per hari agak berat untuk dipenuhi. Mulai tanggal 27 Agustus 2012, ketentuan ini diturunkan menjadi dua tulisan per minggu dengan jadwal yang diatur agar paling tidak ada tulisan yang dikirimkan setiap harinya.

Pengembangan lain yang kami terapkan berdasarkan hasil tinjauan tersebut adalah pemilihan tulisan terbaik mingguan. Tiap minggu kami memilih satu tulisan terbaik untuk kemudian dipresentasikan dan dibahas dalam bentuk diskusi tatap muka. Tentu saja ada penghargaan bagi penulis yang tulisannya terpilih sebagai tulisan terbaik mingguan. Bentuk penghargaan yang kami sepakati adalah karcis gratis untuk menonton film pilihan sang penerima penghargaan. Selain sebagai bentuk penghargaan terhadap penulis, sesi diskusi ini diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berbicara dan berdiskusi.

Setelah berjalan dua bulan lebih, iKnow telah berhasil mengumpulkan sekitar 250 tulisan. Saya pun senang karena mendapat kesempatan untuk keluar dari kotak dan membuat tulisan di luar topik-topik yang biasa saya tulis. Walaupun harus meluangkan waktu tiap malam untuk mengedit tulisan-tulisan yang masuk agar cukup layak untuk ditampilkan kepada khalayak internet, saya sangat bangga dengan komitmen dan peningkatan keterampilan menulis teman-teman saya di APB. Salut untuk Arief, Dwi, Naomi, Nico, Novi, Ricky, Stephen, Suci, Thifa, dan, tak lupa, Bu Diane.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda menerapkan manajemen pengetahuan di dalam organisasi atau perusahaan Anda?

Tinggalkan Balasan