Membandingkan dua kolom pada Excel

Bila kita memiliki dua kolom berisi daftar pada Excel dan ingin membandingkan kedua kolom itu untuk mencari mana data (baris) yang cocok (matched) dan mana yang tidak (unmatched), kita dapat memanfaatkan fungsi COUNTIF. Pada berkas terlampir, saya memberi contoh dua kolom yang masing-masing berisi daftar 20 kota terbesar di Indonesia (kolom A) dan kota di Jawa Barat (kolom B).

Dengan membandingkan dua kolom tersebut, kita dapat menemukan:

  1. Kota terbesar yang berada di Jawa Barat (kolom C)
  2. Kota terbesar yang berada di luar Jawa Barat (kolom D)
  3. Kota di Jawa Barat yang tidak termasuk kota terbesar (kolom E)

Untuk mencari kota terbesar yang berada di Jawa Barat, kita membandingkan baris pada kolom A yang cocok (matched) dengan kolom B. Rumus yang dipakai untuk sel C2 adalah:

=IF(COUNTIF($B$2:$B$6,A2)=1,A2,””)

Untuk mencari kota terbesar yang tidak berada di Jawa Barat, kita membandingkan baris pada kolom A yang tidak cocok (unmatched) dengan kolom B. Rumus yang dipakai untuk sel D2 adalah:

=IF(COUNTIF($B$2:$B$6,A2)=0,A2,””)

Dapat dilihat bahwa kedua rumus ini sebenarnya mirip, kecuali kondisi pembanding untuk COUNTIF-nya. Bila isi sel A2 (Jakarta) ada dalam rentang $B$2:$B$6 (daftar kota di Jawa Barat), COUNTIF akan menghasilkan nilai 1. Bila sebaliknya, COUNTIF akan menghasilkan nilai 0. Kedua rumus ini selanjutnya disalin untuk tiap baris pada kolom C dan D.

Metode ini dapat digunakan untuk membandingkan berbagai daftar, misalnya daftar semua unit dengan unit yang telah diwawancara. Pada rumus generik COUNTIF(rangecriteria), kita memasukkan daftar yang akan dibandingkan (mis. unit yang telah diwawancara) pada bagian range dan tiap baris daftar rujukan (daftar seluruh unit) pada bagian criteria.

Satu komentar pada “Membandingkan dua kolom pada Excel

Tinggalkan Balasan