Memimpin tanpa jabatan

Sumber: Goodreads

Saya baru saja selesai membaca buku The Leader Who Had No Title: A Modern Fable on Real Success in Business and in Life karya Robin Sharma. Berbeda dengan berbagai buku lain tentang kepemimpinan, buku setebal 224 halaman ini unik karena ditulis dengan model fiksi. Buku ini berkisah tentang perjalanan Blake Davis, seorang wiraniaga toko buku yang tinggal di New York, dalam mempelajari seni kepemimpinan dengan dibimbing oleh seorang mentor eksentrik, Tommy Flinn. Tommy membawa Blake untuk berguru kepada empat narasumber: Anna (petugas kebersihan hotel), Ty (mantan atlet ski yang menjadi pemilik toko ski), Jackson (mantan CEO yang menjadi tukang kebun), dan Jet (ahli pijat profesional). Tiap narasumber menyampaikan satu konsep yang mendukung filsafat dasar yang diusung oleh buku ini, yaitu memimpin tanpa jabatan (lead without title, LWT).

Muskil untuk meringkas buku yang sangat kaya dengan argumen dan metafora ini. Untungnya, tiap konsep dalam buku ini diwakili dengan akronim yang memudahkan orang untuk mengingat. Berikut empat konsep yang diajukan di dalam buku ini beserta akronim yang mewakilinya:

  1. Tak perlu jabatan untuk menjadi pemimpin (you need no title to be a leader): IMAGE
    1. Innovation (inovasi)
    2. Mastery (penguasaan)
    3. Autenticity (keaslian)
    4. Guts (keberanian)
    5. Ethics (etika)
  2. Masa sulit melahirkan pemimpin yang hebat (turbulent times build great leaders): SPARK
    1. Speak with candor (ketulusan tutur)
    2. Prioritize (prioritas)
    3. Adversity breeds opportunity (peluang dalam musibah)
    4. Respond versus react (tanggapan versus reaksi)
    5. Kudos for everyone (penghargaan)
  3. Semakin dalam hubungan, semakin kuat kepemimpinan (the deeper your relationships, the stronger your leadership): HUMAN
    1. Helpfulness (menolong)
    2. Understanding (memahami)
    3. Mingle (bergaul)
    4. Amuse (menghibur)
    5. Nurture (mengasuh)
  4. Untuk menjadi pemimpin yang hebat, jadilah dulu orang yang hebat (to be a great leader, first become a great person): SHINE
    1. See clearly (penglihatan yang jelas)
    2. Health is weathy (kesehatan)
    3. Inspiration matters (inspirasi)
    4. Neglect not your family (keluarga)
    5. Elevate your lifestyle (gaya hidup)

Catatan: Terjemahan yang dicantumkan di atas adalah interpretasi bebas saya dan sangat terbuka untuk diterjemahkan lain.

Tinggalkan Balasan