Menghilangkan semua transisi dan animasi pada Powerpoint

Gambar: Wikipedia

Transisi (pergantian halaman) dan animasi (halaman tertentu) merupakan dua efek tampilan pada Powerpoint yang dapat meningkatkan daya tarik suatu presentasi. Namun, ada kalanya kita ingin menayangkan presentasi dengan singkat dan langsung kepada tujuan, misalnya saat pembahasan internal dalam rangka persiapan presentasi. Tak jarang kita bahkan ingin menghilangkan sama sekali semua transisi dan animasi pada suatu presentasi. Tentu saja hal ini dapat kita lakukan dengan mengedit tiap lembar presentasi, tetapi proses ini sangat melelahkan untuk dilakukan pada suatu presentasi yang terdiri dari banyak lembar. Bagaimana cara untuk menghilangkan semua transisi dan animasi pada suatu presentasi Powerpoint sekaligus?

Untuk menghilangan transisi pada semua halaman, klik salah satu slide pada bagian samping tampilan normal dan tekan tombol CTRL+A untuk memilih semua slide. Mode tampilan slide sorter juga dapat digunakan untuk memilih semua slide. Setelah semua slide terpilih, klik tab Transitionspada menu dan pilih None. Perubahan ini bersifat permanen.

Untuk menghilangkan animasi pada semua halaman, ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu temporer dan permanen. Cara temporer adalah cara yang paling mudah dan diterapkan dengan menayangkan slide show tanpa animasi. Tampilkan jendela dialog Set Up Show melalui tab Slide Show >Set Up Slide Show dan centang pilihan Show without animation. Cara permanen lebih sulit dan diterapkan dengan menjalankan skrip VBA. Kode program dan cara lengkap untuk melakukan ini dapat dibaca di laman rujukan di bawah ini.

Rujukan: http://eileenslounge.com/viewtopic.php?f=28&t=5989

Satu komentar pada “Menghilangkan semua transisi dan animasi pada Powerpoint

Tinggalkan Balasan