Observasi

Sebagai metode pengumpulan data, observasi atau pengamatan adalah proses melihat, mengamati, mencermati, dan merekam perilaku secara sistematis untuk suatu tujuan tertentu. Inti pokok observasi adalah adanya “perilaku” yang tampak dan “tujuan” yang ingin dicapai dari observasi tersebut. Tujuan observasi adalah untuk mendeskripsikan lingkungan yang diamati, aktivitas yang berlangsung, individu yang terlibat beserta aktivitas dan perilaku mereka dalam lingkungan, serta makna kejadian berdasarkan perspektif individu yang terlibat tersebut.

Tidak seperti wawancara dan kajian dokumen, metode observasi jarang kita lakukan secara terstruktur di dalam proyek-proyek kita. Sampai saat ini, kunjungan lapangan yang kita lakukan tampaknya hanya berfokus kepada wawancara. Akan sangat menarik untuk menggali lebih lanjut kemungkinan penerapan metode observasi di dalam pelaksanaan proyek-proyek kita.

Rujukan:

  • Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial (hlm. 131–143). Jakarta: Salemba Humanika.
  • Sugiyono (2010). Memahami Penelitian Kualitatif (hlm. 64–71). Bandung: Alfabeta.

Tinggalkan Balasan