Tiga langkah menyimak efektif

Sumber gambar: Forbes

Keterampilan menyimak untuk memahami komunikasi lisan yang disampaikan orang lain adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh seorang konsultan. Wawancara dan rapat merupakan dua kegiatan utama konsultan yang menuntut keterampilan menyimak yang baik. Ada tiga langkah yang dapat dilakukan untuk dapat menyimak dengan efektif, yaitu memperhatikan, memahami, dan memastikan.

Langkah pertama, memperhatikan, antara lain dapat dilakukan dengan mencondongkan badan ke arah kawan bicara, mempertahankan kontak mata, atau tersenyum dan mengangguk sesekali. Selain menunjukkan bahwa kita mendengarkan, tindakan-tindakan ini juga mendorong pembicara untuk terus bercerita. Hindari godaan untuk memikirkan hal lain dan berkonsentrasilah terhadap ucapan kawan bicara. Pendengar yang baik juga akan berusaha menahan diri untuk tidak menanggapi sebelum pihak lain selesai berbicara. Jika takut lupa, catatlah butir-butir penting pembicaraan.

Langkah selanjutnya adalah memahami pesan yang disampaikan. Makna terbentuk berdasarkan pengalaman kita sehingga makna yang kita tangkap kadang kurang sesuai dengan makna yang berusaha disampaikan oleh sang pembicara. Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan untuk memperjelas makna yang ditangkap seperti, “Saat Ibu bilang …, apakah maksudnya …?” “Contohnya apa, Pak?” Selain makna dari kata-kata yang terucap, perhatikan juga perilaku sang penutur. Bagaimana emosinya? Bagaimana bahasa tubuhnya? Hal-hal nonverbal ini kadang menunjukkan hal-hal lain yang bisa melengkapi makna yang perlu ditangkap.

Langkah terakhir adalah memastikan pemahaman. Pemastian ini biasanya dilakukan dengan mengulangi penuturan dengan bahasa sendiri, atau sering disebut dengan parafrase (paraphrasing). Upayakan untuk akurat dan tidak berlebihan saat melakukan parafrase ini. Dengan mengulangi makna yang berusaha disampaikan dengan bahasa sendiri, kita membuat kawan bicara kita tahu bahwa kita memahami apa yang berusaha ia sampaikan dan menghindari kesalahan komunikasi.

Secara singkat, tiga langkah menyimak yang efektif diawali dengan memperhatikan kawan bicara, dilanjutkan dengan memahami pesan verbal dan nonverbal yang disampaikan, serta diakhiri dengan memastikan makna pesan yang ditangkap. Seperti biasa, kiat ini mudah diungkapkan, tetapi sulit untuk dilaksanakan tanpa sering latihan. Mari kita coba!

Rujukan: http://publicspeaker.quickanddirtytips.com/Effective-Listening-Skills-Active-Listening-Public-Speaking.aspx

Tinggalkan Balasan