Wisuda

Tadi siang, 8 September 2012, saya mengikuti acara syukuran dan pelepasan wisudawan pascasarjana Fasilkom UI di gedung Sabha Widya, kampus UI, Depok. Alhamdulillah, akhirnya perjalanan menempuh pendidikan selama tiga tahun berhasil saya tuntaskan dan gelar M.T.I. (Magister Teknologi Informasi) sudah berhak saya sandang. Terima kasih saya persembahkan kepada segenap dosen dan staf MTI UI yang telah sangat membantu dalam proses tersebut.

Seperti pesan Ben Parker kepada Peter, “with great power, comes great responsibility,” Pak Chan dalam sambutannya pun menitipkan pesan senada. Beliau meminta para lulusan untuk dapat menyumbangkan sesuatu bagi Indonesia, terutama melalui bidang teknologi informasi yang kami kuasai. Lulusan S-2 merupakan bagian kecil dari penduduk Indonesia yang mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Karena itu, tanggung jawab dan harapan terhadap lulusan pascasarjana pun menjadi lebih besar.

Selama mendengarkan pidato Pak Chan, saya merenung. Saya orang yang praktis dan tidak suka bermuluk-muluk. Saya akan ambil dua hal yang sudah familier bagi saya sebagai “tujuan hidup” saat ini: meningkatkan kualitas artikel Wikipedia Indonesia dan mengembangkan korpus bahasa Indonesia. Perkara yang pertama telah saya mulai dalam tesis saya, meskipun penerapannya akan menjadi suatu proses panjang yang jauh lebih pelik bila dibandingkan dengan proses perancangannya. Perkara yang kedua hingga kini masih menjadi angan-angan, walaupun saya sudah tahu pasti betapa pentingnya pewujudan hal ini dalam perkembangan bahasa Indonesia.

Hari sudah menjelang tengah malam dan saya sudah sangat mengantuk. Sebagai langkah awal, saya bagikan dulu berkas lengkap tesis saya yang berjudul Strategi Peningkatan Kualitas Ilmiah Wikipedia Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan